Tahun Ini Banyuwangi Punya Waduk Besar Rp 360 Miliar

Jakarta -Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur akhirnya mempunyai satu waduk yang cukup besar. Waduk bernama Bajulmati ini dibangun di kawasan industri Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur dan bakal selesai akhir tahun ini.

"Waduk kita baru satu yaitu waduk Bajulmati, yang lain embung dan bendung," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas kepada detikFinance, Sabtu (13/09/2014).


Menurut Anas, pembangunan waduk ditargetkan rampung akhir tahun ini. Sehingga awal tahun depan, waduk ini dapat segera dialiri air.


"Targetnya tahun ini selesai. Proyek Bajulmati dengan air 10.000 meter kubik ini program APBN dan Pemda, dengan total anggaran Rp 360 miliar. Targetnya akhir tahun ini selesai," imbuhnya.


Sebelum adanya waduk Bajulmati ini, seluruh air yang diproduksi di kawasan selatan Banyuwangi terbuang ke laut melalui Sungai Bajulmati. Sehingga dengan adanya waduk ini, diharapkan potensi air di kawasan selatan dapat ditampung, dan menjadi cadangan air bersih Kabupaten Banyuwangi.


"Supaya air ini tidak habis ke laut. Sekarang air kita kan habis ke laut karena tidak ada waduk," cetus Anas.


(wij/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!