Jonan Temui Risma, KAI Biayai Penuh Proyek Trem di Surabaya

Surabaya -Rencana pembiayaan penuh proyek AMC (Angkutan Massal Cepat) APBN dipastikan batal. Karena PT Kereta Api Indonesia (KAI) siap membiayai penuh proyek yang direncanakan Pemkot Surabaya sejak 2010.

Pernyataan ini diungkapkan langsung oleh Direktur Utama KAI, Ignasius Jonan, usai bertemu Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di Balai Kota, Surabaya, Kamis (11/9/2014).


Menurut Jonan, pembiayaan penuh yang dilakukan KAI hanya untuk proyek trem. Sedangkan proyek monorel, yang juga satu paket dalam proyek AMC Pemkot Surabaya, baru masih akan dibicarakan lebih lanjut.


"Jadi 100 persen kami yang biayai. Kami bangun sendiri, tidak pakai APBN," katanya pada wartawan.


Jonan mengungkapkan, proyek trem yang akan dibangunnya memiliki panjang 17 Km. Sayang, Jonan enggan membeberkan detil besar biaya, serta kapan proyek ini dibangun dan selesai. "Masih kita hitung, Pemkot Surabaya hanya sediakan lahan, kami yang investasi, kami yang bangun kami yang operasikan," tegas Jonan.


Bahkan Jonan memastikan, dalam waktu dekat penandatangan kesepakatan bersama akan segera dilakukan. " Detail engineering design (DED) habis ini, kami yang bikin dan setelah ini kami MoU," pungkas dia.


Sementara itu, Risma, panggilan Tri Rismaharini mengungkapkan, dengan kesanggupan KAI membangun dan membiayai seluruh proyek trem, membuat nilai proyek akan jauh lebih rendah dibandingkan prediksi yang menghabiskan Rp 2,2 triliun.Next


(ze/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!