Kunjungi PLTD Apung dan Museum Tsunami di Aceh, Ini Kenangan CT

Banda Aceh -Saat melakukan kunjungan kerja ke Banda Aceh, Menko Perekonomian Chairul Tanjung melakukan kunjungan ke pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) Apung Punge Blangcut. Tempat ini tak asing baginya.

CT, panggilan akrab Chairul Tanjung, mengunjungi PLTD tersebut bersama Menteri Ekonomi Malaysia Dato' Sri Abdul Wahid Qomar dan perwakilan dari Menteri Ekonomi Thailand yaitu Deputi Bidang Transport dan Sekretaris Kementerian Perekonomian Thailand Arkhom Termpittayapaisth.


Selain itu, CT didampingi juga oleh Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono dan Menteri Pertanian Suswono.


Saat tiba di lokasi, CT disambut Tarian Ranup Lampuan, Seudati, dan Rapai Geleng. Selain itu, CT juga ditawarkan sirih sebagai penyambutan.


CT ini mengaku sudah tidak asing lagi dengan wilayah ini. Saat bencana tsunami menerjang Aceh di tahun 2004 silam, dirinya mengunjungi langsung tempat yang dijuluki Serambi Mekkah ini.


"Kalau nggak ada IMT-GT ini mungkin nggak bisa ke sini. Tapi saya waktu tsunami dulu, saya kan sering bolak-balik ke sini dari mulai hari kedua tsunami terjadi, jadi saya nggak asing tempat ini. Setelah sekian tahun ini saya lihat sudah dijadikan monumen," terang dia kepada detikFinance di lokasi, Sabtu (13/9/2014).


Perlu diketahui, PLTD Apung ini awalnya berada di tengah lautan. Dahsyatnya terjangan tsunami membuat PLTD Apung terseret ke daratan hingga sekitar 50 km.


Setelah mengunjungi PLTD Apung, CT bersama rombongan mampir ke Museum Tsunami yang berlokasi Blang Padang, Banda Aceh.


Di museum ini CT mendatangi sumur doa yang tingginya sekitar 32 meter. Di sumur ini terdapat sedikitnya 2.000 nama korban tsunami.


"Saya waktu tsunami selama 6 bulan bolak-balik ke sini dan bikin kediaman di Medan, Madani untuk korban Aceh," tutup CT.


(drk/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!