Bisakah RI Jadi Negara Maju? Ini Kata Wapres Boediono

Jakarta -Naik pangkat jadi negara berkembang adalah impian negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Bisakah Indonesia jadi negara maju? Apa yang harus dilakukan?

Saat melepas lulusan pascasarjana Institut Pertanian Bogor (IPB), Wakil Presiden Boediono mengatakan, Indonesia bisa mewujudkan dirinya menjadi negara maju, asal mau membangun daya saingnya.


"Membangun daya saing bangsa bukanlah pekerjaan yang sederhana, jika ingin Indonesia menjadi negara maju dalam sejarah yang akan dibuat," kata Boediono pada kuliah singkat yang diadakan di Hotel Borobudur, Jakarta, Sabtu (13/09/2014).


Bagi Boediono, membangun daya saing bangsa bukanlah pekerjaan yang mudah. Harus konsisten satu sama lain, saling bersinergi antar peraturan, bukan bertabrakan.


"Langkah-langkah itu harus diawasi dengan baik," imbuhnya.


Boediono menyebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya saing bangsa, seperti bagaimana membangun bangsa agar bisa bertahan dan maju di tengah dinamika ekonomi dunia.


Maka dari itu perlu ada investasi yang cukup besar, untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan pembangunan infrastruktur.


"Kita harus prioritaskan investasi di sektor pendidikan dan kesehatan. Lalu prasarana produksi dan kebijakan di bidang wirausaha serta kompetisi usaha yang efektif. Kemudian kebijakan lainnya yang perlu dilakukan adalah menjadikan tumbuhnya kelas menengah agar produktif," kata Boediono.


Menurut catatan IPB, peringkat daya saing Indonesia naik dari peringkat 50 ke 38. Indonesia mengungguli negara-negara berkembang lain seperti Brasil di peringkat 56, India di peringkat 60, dan Rusia di peringkat 54.


Kenaikan peringkat daya saing Indonesia disebabkan karena adanya perbaikan 10 dari 12 pilar, seperti perbaikan infrastruktur, air dan listrik, serta kesiapan teknologi dan pendidikan. Peningkatan daya saing adalah tantangan mendatang terutama persoalan pangan, air dan bonus demografi.


(wij/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!