CT Beri Kuliah ke Ribuan Mahasiswa Universitas Syiah Kuala Aceh

Banda Aceh -Hari ini, Menko Perekonomian Chairul Tanjung menghadiri Rapat Senat Terbuka Universitas Syiah Kuala Aceh dalam rangka Dies Natalis ke-53. Pria yang akrab disapa CT ini, memberikan orasi ilmiah bertema 'Peran Perguruan Tinggi Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015'.

Acara ini dihadiri rektor, dekan, para dosen dan sekitar seribuan mahasiswa baru dari berbagai fakultas, seperti kedokteran, hukum, ekonomi, sosial politik, pertanian, keguruan dan ilmu pendidikan, keperawatan, dan lain-lain. Menteri Pertanian Suswono juga menghadiri acara ini.


Rektor Unsyiah Kuala Samsul Rizal mengatakan, acara ini sekaligus sebagai hari jadi Unsyiah Kuala yang ke-53. Tema yang diambil sebagai persiapan masyarakat Indonesia menghadapi keterbukaan ekonomi.


"Ini juga dalam rangka hari jadi ke-53 Unsyiah Kuala. Seiring tantangan besar tahun depan dengan diberlakukan MEA 2015, tema ini sangat tepat untuk diangkat saat ini," kata Samsul dalam sambutannya di acara Rapat Senat Terbuka Universitas Syiah Kuala Aceh dalam rangka Dies Natalis ke-53, di Unsyiah Kuala, Darussalam, Banda Aceh, Nagroe Aceh Darussalam, Sabtu (13/9/2014).


Di tempat yang sama, CT mengungkapkan, dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015, masyarakat Indonesia, khususnya mahasiswa sebagai generasi masa depan, perlu punya kualitas yang baik. Tidak hanya mampu mencapai kesuksesan sebagai masyarakat berpendidikan tapi mampu bersaing di dunia kerja.


"Kebanggaan berbagi pemikiran di sini tentang sebuah topik hangat tentang implementasi MEA 2015. Fungsi Perguruan Tinggi mencetak sumber daya manusia yang berkualitas jangan cuma menghasilkan SDM yang lulus dari fakultas tempat dia menuntut ilmu tapi begitu lulus harus menang dalam persaingan, ada plusnya yaitu menang dalam persaingan," kata CT.


(drk/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!