Jatiluhur dan Jatigede Jadi Waduk Terbesar di RI

Jakarta -Waduk Jatiluhur di Purwakarta dan Waduk Jajigede di Sumedang Jawa Barat merupakan dua waduk terbesar di Indonesia. Tercatat luas Waduk Jatiluhur mencapai 8.300 hektar sedangkan waduk Jatigede ini 4.983 hektar

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan saat ini untuk membangun waduk besar seperti Jatiluhur dan Jatigede, lokasinya sudah tidak ada terutama di Jawa dan Sumatera.


"Untuk membangun waduk besar seperti Jatiluhur atau Jatigede tempatnya tidak ada, mungkin di Papua ada, tapi di Jawa, Sumatera waduk yang bisa kita bangun mungkin sedang seperti ini (Waduk Gondang, Karanganyar)," kata Djoko Kirmanto dikutip dari situs resmi kementerian PU, Kamis (11/9/2014)


Djoko mengatakan berdasarkan data Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum (PU) telah mengedintifikasi sebanyak 49 lokasi yang berpotensi untuk dibangun waduk di Indonesia.


"Ditjen SDA melihat sampai hari ini telah teridenitifikasi 49 lokasi untuk dibangun waduk besar maupun kecil di seluruh Indonesia,” katanya.


Ia juga menyebutkan, selama 10 tahun terakhir telah dibangun sebanyak 21 waduk, dan sedang dalam pelaksanaan sebanyak 16 waduk.


"Dari ke 16 waduk tersebut, 4 diantaranya selesai di akhir tahun 2014 yaitu Titab di Bali, Bajul Mati di Jawa Timur, Pandanduri di NTB dan Jatigede di Jawa Barat. Untuk Jatigede ini sudah selesai 100 persen, namun karena masalah sosial jadi terkendala belum bisa terisi,” katanya.


Selain itu, saat ini juga terdapat 6 waduk yang saat ini dalam proses lelang, seperti Waduk Karian yang berada di Provinsi Banten. Waduk Karian ini cukup besar dan sangat berguna menyuplai air baku untuk Jakarta.


Beberapa waduk yang masih dalam proses lelang yaitu Waduk Keureuto di Aceh, Waduk Pidekso Jawa Tengah, Waduk Raknamo di Nusa Tenggara Timur, Waduk Lolak di Sulawesi Utara, dan Waduk Bintang Bano di Nusa Tenggara Barat.


(hen/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!