Pesawat Baru N219 Made In Bandung Bakal Dipamerkan Agustus 2015

Bandung -PT Dirgantara Indonesia (PTDI) bersama Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), menandatangani MoU Pembangunan pesawat N-219 di Gedung GPM PT DI, Jalan Pajajaran, Selasa (9/9/2014).

PTDI dan LAPAN akan membangun dan mengembangkan pesawat N-219 yang ditargetkan purwarupanya selesai dan dipamerkan pada Agustus 2015 mendatang.


Penandatanganan MoU ini dilakukan oleh Direktur Utama PTDI Budi Santoso dan Kepala LAPAN Thomas Djamalludin. Pesawat berpenumpang 19 orang ini diharapkan akan menjadi pesawat perintis untuk penerbangan di daerah terpencil.


"Menjadi kebanggaan kami dipercaya pemerintah untuk mengembangkan pesawat baru dengan kerjasama LAPAN. Kami akan memastikan N219 ini dapat tepat waktu, tepat mutu dan tepat biaya," ujar Budi dalam sambutannya usai penandatanganan MoU.


Ia menyebutkan, purwarupa N219 ini ditargetkan bisa keluar hanggar untuk dipamerkan pada Agustus 2015, serta menjalani penerbangan pertamanya (first flight) pada 2016.


"Dan diharapkan N219 bisa masuk pasar pada 2017, setelah memasuki proses sertifikasi," jelasnya.


Sementara itu, Kepala LAPAN Thomas Djamalludin menyatakan, pembangunan N219 ini akan menjadi loncatan untuk LAPAN dalam pengembangan teknologi penerbangan untuk kembali membangkitkan industri dirgantara dalam negeri.


"Program ini akan membuktikan kemandirian kita dalam membuat pesawat transportasi untuk saerah terpencil. Yang terbatas panjang landasan dan kondisi geografisnya. Kami mendukung industri penerbangan dalam negeri yang kuat untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri," katanya.


Selain penandatanganan MoU, dilakukan First Cutting Detail Part Manufacturing sebagai tanda dimulainya tahap produksi komponen pesawat. Secara simbolis, Thomas didampingi Budi melakukan pemotongan material yang akan digunakan untuk pembuatan komponen sekat jendela di bagian depan pesawat.


Bersama LAPAN, PTDI akan menyelesaikan seluruh proses pengembangan prototipe N219 yang kemudian akan diproduksi massal untuk dipasarkan secara luas.


(tya/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!