Pasang Bata Hingga Listrik, Pekerja Konstruksi Bisa Dapat Rp 70 Juta

Jakarta -Kementerian Pekerjaan Umum (PU) kembali menggelar Lomba Pekerja dan Sarasehan Konstruksi yang bertemakan "Peluang Tenaga Kerja Indonesia Menyongsong Era Masyarakat Ekonomi ASEAN"

Acara tahunan ini berlangsung selama 3 hari sejak 9-11 September 2014 di Balai Pelatihan Konstruksi dan Peralatan, Jakarta. Kegiatan ini melombakan 8 bidang keterampilan di bidang pekerjaan jasa konstruksi.


Adapun 8 bidang yang dilombakan meliputi Lomba Pasang Bata, Lomba Pemasangan Instalasi Listrik, Lomba Instalasi Pipa, Lomba Juru Ukur, Lomba Mandor Pelaksana Pekerjaan Jalan, Lomba Mandor Pelaksana Pekerjaan Gedung, Lomba Operator Excavator dan Lomba Pemasangan Scaffolding.


"Ada 170 peserta dari 22 Provinsi dan 3 BUMN yang adu kemampuan di hadapan para juri untuk menjadi yang terbaik dalam lomba ini," kata Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak di Balai Pelatihan Konstruksi dan Peralatan PU Jakarta Alamat di Jl. Dr. Suratmo, Jakarta Pusat, Selasa (9/9/2014).


Para peserta akan memperebutkan hadiah dengan nilai total Rp 70 juta. Penjurian dalam lomba ini dinilai dari beberapa hal meliputi uji tulis, wawancara dan uji praktik.


"Total hadiah Rp 70 juta. Dengan masing-masing kategori atau bidang lomba ada 5 pemenang," katanya.


Tujuan kegiatan ini sebagai stimulus bagi para pekerja untuk meningkatkan kemampuan atau keterampilan individual yang makin mumpuni serta keterampilam kerja dalam kelompok dalam kegiatan-kagiatan konstruksi bangunan dan infrastruktur di Tanah Air.


"Jadi bisa dicapai standar-standar baru keterampilan pelaku industri konstruksi Tanah Air. Diharapkan para pekerja semakin profesional, sehingga kita bisa bersaing dengan tenaga terampil dari negara lain," tegasnya.


(hen/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!