Kisah PDAM 'Sakit', Pipa Bocor Sampai Air Mengalir 2 Hari Sekali

Jakarta -Penyediaan air minum yang sehat dan berkualitas menjadi satu aspek yang penting dalam rencana pembangunan nasional. Sayangnya hal itu belum bisa dilakukan maksimal di Indonesia.

Badan Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (BPP SPAM) mencatat, dari 214 Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang tersebar di seluruh Indonesia, hanya 176 PDAM saja yang masuk kategori sehat.


"104 kurang sehat, 70 sakit, dan 34 belum menyampaikan laporan keuangan," ungkap kepala BPP SPAM Tamin M Zakaria Amin dalam paparannya di Kantor Kementerian Pekerjaan Umum (PU), Jakarta, Kamis (9/10/2014).


Status tersebut diketahui dari penilaian atas kinerja PDAM yang dilihat dari 4 aspek meliputi aspek keuangan, pelayanan, operasional, dan sumber daya manusia (SDM).


"Kalau mendapat nilai di bawah 2,2 dia dianggap sakit. Kalau dia 2,2-2,8 dia kurang sehat, kalau di atas 2,8 dia dianggap sehat," kata Zakaria.


Secara nyata, lanjut Zakaria, PDAM yang sakit dapat dilihat dari adanya kebocoran baik secara fisik maupun non fisik.


"Yang fisik itu misalnya jaringan pipanya yang bocor. Kalau yang non fisik misalnya dari sisi keuangan dia loss (rugi) terus," sambungnya.Next


(hds/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!