Susilo Siswoutomo, Wamen ESDM Pemilik Ide Puasa BBM Subsidi Sabtu-Minggu

Jakarta -Selama dua tahun lebih menjadi Wakil Menteri ESDM, Susilo Siswoutomo gundah melihat begitu besarnya subsidi BBM di APBN, jumlahnya Rp 200 triliun lebih. Bahkan Indonesia harus impor BBM Rp 1 triliun lebih per hari.

"Ini harus ada gerakan untuk mengurangi anggaran subsidi BBM. Bagaimana caranya? Salah satunya puasa BBM subsidi," ungkap Susilo dalam acara peluncuran buku 'Puasa' Subsidi BBM, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Sabtu (11/10/2014).


Susilo menjelaskan, untuk mengurangi subsidi BBM yang jumlahnya makin besar, ia berharap ada gerakan nasional 'Puasa Subsidi BBM'.


"Andaikan, 2 hari dalam seminggu, katakanlah setiap akhir pekan Sabtu-Minggu, konsumen BBM berpuasa membeli BBM subsidi. Dengan kata lain mereka membeli BBM non subsidi, sesuai dengan harga keekonomian atau BBM bersubsidi tidak dijual," ungkapnya.


Bila hal tersebut bisa menjadi gerakan nasional, penghematan yang didapat akan cukup signifikan.


"Gerakan nasional ini bisa hemat Rp 1 triliun per hari, dalam seminggu Rp 2 triliun, sebulan akan terkumpul Rp 8 triliun, dan setahun mencapai Rp 96 triliun," tegasnya.


"Bayangkan dengan uang sebanyak itu, bisa membangun infrastruktur, rel ganda kereta api, dan banyak lagi," tutupnya.


(rrd/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!