Demi Masjid di Kampung Halaman, CT Rogoh Kocek Pribadi

Sibolga -Menteri Koordinator bidang Perekonomian Chairul Tanjung hari ini meresmikan Masjid Agung Sibolga, di Sumatera Utara. Dalam kesempatan itu, dia menyatakan bakal menyumbang bantuan dari koceknya sendiri.

CT, sapaan akrab Chairul mengungkapkan kebanggaannya. Karena di Sibolga telah dibangun masjid agung nan megah. Tak semua kota menurutnya punya bangunan megah untuk tempat beribadah ini.


"Saya bangga dan berbahagia. Karena Sibolga punya mesjid agung yang megah," kata CT saat meresmikan Mesjid Agung Sibolga, Sumatera Utara, Sabtu (11/10/2014).


CT juga mengatakan, dalam kapasitasnya sebagai pribadi, bukan seorang Menteri Koordinator bidang Perekonomian, akan menyumbang sejumlah uang untuk mengembangkan fasilitas mesjid yang berkapasitas 2.000 jamaah ini.


Bantuan CT tersebut diberikan, atas permintaan dari masyarakat dan pemerintah daerah Sibolga, agar masjid agung tersebut dilengkapi fasilitas pendukung. Seperti lift untuk menara masjid setinggi 45 meter, juga atap hidrolik agar jamaah masjid lebih khusyu beribadah tanpa terganggu keadaan cuaca.


"Saya sebagai pribadi bukan sebagai Menko Perekonomian. Saya atas nama pribadi, artinya uang pribadi bukan uang negara yang dikeluarkan. Ingin membantu agar lift dan hidrolik tadi bisa terlaksana dalam waktu yang secepat-cepatnya. Saya akan membantu sejumlah Rp 1 miliar," kata CT disambut riuh ratusan hadirin.


"Mudah-mudahan dengan bantuan tadi, masjid ini betul-betul bisa berfungsi. Bahwa umat islam di Sibolga ini bisa beribadah dengan baik, iman, dan takwanya," imbuh CT.


Sebelumnya, Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk mengatakan, masyarakat Sibolga ingin masjid agung ini dilengkapi fasilitasnya.


"Ada menara sepanjang 45 meter. Pakai lift bisa melihat kota Sibolga. Lalu akan dijadikan masjid terbuka, tutup pakai hidrolik. Kalau musim haji akan dibuatkan miniatur ka'bah tempat manasik haji," tuturnya.





(zul/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!