Perusahaan Australia Ini Siapkan Rp 1,8 T Garap Tambang Emas Gorontalo

Jakarta -One Asia Resources Limited menyatakan kesiapannya untuk melakukan eksploitasi tambang emas Gunung Pani, di Kabupaten Pohuwato, Propinsi Gorontalo.

Menggandeng KUD Dharma Tani Marisa sebagai pemegang izin usaha pertambangan (IUP) Gunung Pani, investor pertambangan asal Australia ini telah menyiapkan dana investasi sedikitnya US$ 150 juta di proyek ini.


“Dari hasil eksplorasi yang telah kita lakukan sejak 2010, tambang emas Gunung Pani sangat atraktif dan feasible untuk dikembangkan ke tahap eksploitasi,” ujar Chief Executive Officer (CEO) One Asia Resources (OAR) Adrian Rollke dalam keterangan tertulis yang diterima Jumat (10/10/2014).


Kerja sama OAR dengan KUD Dharma Tani sendiri telah dimulai tahun 2009 dan dikukuhkan lewat kerja sama eksplorasi di lapangan pertengahan 2012.


“Kita mulai melakukan persiapan pembangunan camp awal 2012 dan resmi melakukan pengeboran untuk uji lapangan pada pertengahan 2012,” imbuh Adrian.


Kini, OAR tengah menanti persetujuan prinsip untuk melakukan tahapan konstruksi menuju ke eksploitasi. Diharapkan dapat segera keluar sehingga OAR bisa melakukan pekerjaan konstruksi di lapangan.


“Kita akan ikuti seluruh prosedur yang ada untuk bisa melakukan penambangan emas di Gunung Pani,” katanya.Next


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!