Sore Ini, CT Resmikan Pembangunan Tol Manado-Bitung

Manado -Sore ini, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung (CT) akan meresmikan dimulainya pembangunan atau groundbreaking ruas Tol Manado-Bitung di Sulawesi Utara. Tol Manado-Bitung membentang sepanjang 39 Km.

Rencananya peresmian dilakukan pukul 14.30 WITA di Manado, Minggu (12/10/2014)


"Nanti Pak CT Hadir dan peresmian pukul 14.30 WITA," kata pihak humas Menko Perekonomian kepada detikFinance di Manado, Sulawesi Utara, Minggu (12/10/2014)


Rencananya, pejabat yang ikut mendampingi CT pada acara groundbreaking sore nanti adalah Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto hingga Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang.


Proyek Tol Manado-Bitung bakal menelan investasi Rp 4,163 triliun. Jalan bebas hambatan sepanjang 39 Km ini terbagi ke dalam 2 seksi.


Seksi 1 sepanjang 13,5 Km membentang dari Manado-Airmadidi. Tahap awal, pemerintah akan membangun seksi 1 dengan kucuran dana atau stimulus sebesar US$ 80 juta dari APBN.


Sisanya untuk Ruas Airmadidi-Bitung atau seksi 2 sepanjang 25,5 Km akan dibangun dan dibiayai oleh investor atau Badan Usaha Jalan Tol (BUJT). Pembebasan lahan 100% akan ditanggung oleh pemerintah sedangkan saat beroperasi nanti Tol Manado-Bitung akan dikelola oleh BUJT.


(feb/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!