Salah Satu Ruas Tol Terpanjang di Jawa Timur Milik Astra Diresmikan Besok

Jakarta -Menteri Pekerjaan Umum (Menteri PU) Djoko Kirmanto akan meresmikan Jalan tol Mojokerto - Kertosono Seksi 1, Senin, 13 Oktober 2014. Tol ini merupakan bagian dari Tol Trans Jawa dan juga menjadi ruas terpanjang di Jawa Timur (Jawa Timur) dengan total jarak 40,5 Km.

Seksi 1 sepanjang 14,7 Km ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi kepadatan lalu lintas di sekitar Jombang, khususnya dari arah Kertosono ke Ploso dan sebaliknya, juga dari Jombang ke Kertosono dan sebaliknya.


"Kami memiliki target untuk bisa mengoperasikan seksi 1 ini sebelum akhir tahun 2014. Target tersebut akhirnya terpenuhi, berkat dukungan dari banyak pihak, Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah serta masyarakat Jombang," kata Presiden Direktur PT Marga Harjaya Infrastruktur (MHI) Wiwiek D. Santoso dalam keterangan tertulisnya, Minggu (12/10/2014)


Ruas tol ini menghubungkan Bandarkedungmulyo - Jombang. Gerbang sisi barat disebut Gerbang Bandar, berada di Kecamatan Bandarkedungmulyo, sedangkan Gerbang sisi timur yang disebut Gerbang Jombang berada di Tembelang.


PT Marga Harjaya Infrastruktur sebagai Badan Usaha Jalan Tol pemegang hak konsesi ruas tol ini merupakan bagian dari Grup Astra melalui PT Astratel Nusantara, anak perusahaannya di bidang Infrastruktur dan Logistik.


Ruas tol Mojokerto - Kertosono Seksi 1 ini seluruhnya dibangun dengan perkerasan beton baik lajur utama (dua lajur, dua arah) maupun bahu jalannya. Rencananya dalam jangka panjang, ruas tol ini akan dibangun menjadi tiga lajur.


Direktur PT Astra International Tbk Paulus Bambang Widjanarko yang membidangi bisnis infrastruktur, logistik dan informasi teknologi mengatakan Astra membangun tol ini dengan sangat serius karena ingin menjadikannya sebagai salah satu tol terbaik di Indonesia.


”Desain gerbang dan kantornya dibuat dengan memperhatikan budaya setempat namun dalam nuansa modern. Sirip-sirip pada atap menyerupai susunan batu pada candi-candi di Jawa Timur," kata Paulus Bambang Widjanarko.


Saat ini, PT Astra International Tbk melalui PT Marga Mandala Sakti mengoperasikan jalan tol untuk ruas Tangerang – Merak sepanjang 72,5 Km.


(drk/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!