Terasi Singkawang 'Terbang' Jauh Hingga Dubai

Jakarta -Kenal dengan produk terasi berbahan dasar udang? Salah satu yang ditawarkan di dalam pameran Trade Expo Indonesia 2014 adalah terasi Singkawang, Kalimantan Barat.

Terasi ini sangat disukai oleh banyak calon pembeli (buyers) dari mancanegara yang datang ke pameran ini. Sang pemilik usaha Terasi singkawang, Fransen mengungkapkan, terasi buatannya sudah melalang buana hingga ke mancanegara.


"Sejak tahun 2000 kita ekspor, sekarang kita sudah masuk Taiwan, Hong Kong, Malaysia, Singapura, Thailand, terakhir yang paling jauh adalah Dubai," kata Fransen kepada detikFinance di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (11/10/2014).


Fransen mengungkapkan, Terasi Singkawan dibuat dengan proses yang higienis dan tradisional. Butuh proses hingga 1 minggu untuk sekali produksi. Udang rebon yang menjadi bahan dasar Terasi Singkawang didapat dari mitra nelayan sekitar Pasar Sedau, Singkawang.


Ia mengklaim, terasi miliknya berbeda dengan produk terasi serupa baik dinilai melalui rasa dan kemasan yang menarik.


"Harga satuan 500 gram itu Rp 40.000. Itu adalah produk terasi yang belum dibakar. Kalau yang udah jadi siap konsumsi hanya Rp 35.000 per 1/4 kg. Masa tahan produk hingga 6 bulan dengan cara penyimpanan yang benar," imbuhnya.


Selain dijual di dalam negeri dan mancanegara, banyak buyers asal Malaysia yang memesan dengan jumlah yang cukup besar. Bahkan beberapa buyers menawarkan bermitra, asalkan brand Terasi Singkawang dihapus dan diganti dengan brand atau merek Malaysia Food.


"Banyak pengusaha Malaysia yang ingin bekerjasama dengan kita tetapi menggunakan brand nama Malaysia. Kita nggak mau karena pakai brand dia. Kita mau tetap pakai brand kita, brand buatan Indonesia dan cinta Indonesia," jelasnya.


(wij/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!