Investor Khawatir KMP Jegal Semua Kebijakan Jokowi Selama 5 Tahun

Jakarta -Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kemarin mengalami tekanan lagi. Investor banyak melepas saham gara-gara situasi pasar yang tidak menentu akibat politik Indonesia yang semakin memanas.

Panasnya politik ini memuncak setelah terbaginya dua kubu, yaitu Koalisi Merah Putih (KMP) dan Koalisi Indonesia Hebat (KIH). KIH punya presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) sementara KMP menguasai parlemen dengan Pimpinan DPR dan MPR.


Ekonom Senior Standar Chartered Bank, Fauzi Ichsan, mengatakan pelaku pasar keuangan mulai khawatir dengan situasi ini. Terutama yang paling ditakutkan adalah kebijakan pemerintah yang akan dijegal oleh wakil rakyat dalam 5 tahun ke depan.


"Sekarang ini sudah tidak ada lagi kritik demi kepentingan bersama tapi tujuannya jadi saling menjatuhkan. Investor sekarang takut kalau kebijakan Jokowi dalam 5 tahun ke depan aka dijegal terus oleh DPR," katanya kepada detikFinance, Kamis (9/10/2014).


Kekhawatiran investor ini berimbas negatif ke pergerakan pasar. Kemarin IHSG anjlok 74 poin, dana asing sekitar Rp 700 miliar juga lari dari lantai bursa.


Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) juga melemah ke titik terendahnya dalam 10 bulan terakhir. Mata uang Paman Sam kemarin melonjak hingga nyari Rp 12.250.


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!