Korek Kuping Hingga Minyak Pijat Diminati Pengusaha India

Jakarta -Banyak pelaku usaha (importir) asal India berminat terhadap produk-produk buatan Indonesia di ajang Trade Expo Indonesia (TEI) 2014. Produk-produk yang diminati umumnya produk-produk perawatan tubuh.

Direktur Pengembangan Produk Ekspor, Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional (PEN), Kementerian Perdagangan Sulistyawati mengungkapkan pada hari pertama pembukaan, sekitar 42 orang pengusaha asal Mumbai, India telah bertemu dengan mitra lokal di Indonesia untuk membicarakan kerja sama bisnis.


"Produk-produk yang berhasil menarik pengusaha asal India untuk melakukan pemesanan, yaitu produk makanan olahan berupa makanan ringan, produk spa berupa massage oil, produk hasil hutan berupa getah damar, serta produk kecantikan dan perawatan tubuh berupa kapas pembersih wajah dan kapas pembersih telinga," kata Sulistyawati di sela-sela JIExpo, Kemayoran Jakarta, Kamis (9/10/2014).


Sulistyawati mengestimasi nilai transaksi potensial dari delegasi India pada hari pertama TEI 2014 diperkirakan lebih dari US$ 145.000.


Selain itu, produk-produk lain yang diminati para pengusaha tersebut antara lain produk suku cadang kendaraan bermotor, makanan dan minuman olahan, furnitur, produk kesehatan dan kecantikan, hasil pertanian, produk karet, produk tekstil, aneka kerajinan tangan tradisional, produk medis dan farmasi, kayu daur ulang, kayu solid, minyak dan gula kelapa, dan produk lainnya.


Pada hari kedua, delegasi asal India masih terlihat mengunjungi pameran untuk melihat dan melakukan kontrak bisnis dengan peserta lainnya.


Sementara itu tak kurang dari 90 pebisnis yang berasal dari Malaysia, Australia, Kanada, Jepang, Azerbaijan, Finlandia, Filipina, Singapura, Polandia, dan Lithuania yang akan bertemu dengan calon mitranya. Ia mengatakan Kemendag memfasilitasi pertemuan-pertemuan tersebut.


Harapannya ada 300 pebisnis mancanegara dari lebih 35 negara di dunia yang ikut dalam kegiatan business matching, akan membicarakan kerja sama bisnis dengan mitra pengusahanya di Indonesia.


Sejumlah negara yang dipastikan melakukan business matching antara lain adalah Bahrain, Kamerun, Finlandia, Yunani, Madagaskar, Inggris, Estonia, Yordania, Papua Nugini, Meksiko, Kanada, Amerika Serikat, Aljazair, Ethiopia, Jepang, Afrika Selatan, dan Sri Lanka.


Hingga hari ini, TEI 2014 dikunjungi oleh lebih dari 14.000 pengunjung yang berasal dari 102 negara. Menurut catatan Kemendag, produk yang diminati dalam TEI 2014 kali ini seperti dekorasi rumah, tekstil dan produk tekstil, furnitur kayu, serta produk pertanian.


(wij/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!