Pertagas Targetkan Pipanisasi Gresik-Semarang Selesai 18 Bulan

Jakarta -Dalam merealisasikan komitmen untuk membangun infrastruktur gas, PT Pertamina Gas (Pertagas) mulai membangun pipa gas Gresik-Semarang sepanjang 271 km. Pembangunan ini merupakan bagian dari konsep open access dalam rangka mewujudkan infrastruktur gas terintregasi di pulau Jawa.

Proyek yang peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung, pada Rabu (08/10/2014) di Lapangan Banyu Urip Blok Cepu, ini memiliki kapasitas 500 million standard cubic feet per day (MMSCFD).


Dalam pengerjaan pipanisasi nanti, dibutuhkan waktu 18 bulan dan akan melewati empat Kabupaten di Jawa Tengah dan tiga kabupaten di Jawa Timur.


Presiden Direktur Pertagas Hendra Jaya dalam penjelasannya kepada para wartawan sangat yakin proses pengerjaan bisa rampung sesuai dengan waktu yang telah direncanakan.


"Pembangunan proyek ini memiliki arti strategis. Tidak saja dalam mendukung program pemerintah dalam konversi BBM ke gas untuk bahan bakar industri, tetapi juga sebagai penopang perekonomian nasional" jelas Hendra.


Ditambahkan olehnya, pemerintah provinsi Jatim dan Jateng sangat mendukung upaya Pertagas merealisasikan proyek ini. Proses pemasangan pipa baru ini menelan biaya US$ 515,7 juta.


(hds/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!