Bertekad Setop Impor Garam, Menteri Susi Disambut Tepuk Tangan Pengusaha

Jakarta -Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah mengambil sikap untuk menyetop impor garam. Hal itu ditegaskan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

"Insya Allah garam impor akan disetop," tegas di acara Adibakti Mina Bahari 2014, Gedung Mina Bahari III, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, Kamis (4/12/2014). Pernyataan Susi ini diikuti tepuk tangan ratusan pelaku usaha di sektor perikanan dan kelautan Indonesia.


Susi yang mengenakan pakaian hitam dan berselendang merah batik bermotif menjelaskan alasannya menghentikan impor garam, karena tersedianya pasokan garam di dalam negeri.


"Kita tidak boleh lagi punya policy dan regulasi yang menguntungkan minoritas. Pengusaha impor (importir) itu berapa jumlahnya, petani kita jumlahnya ribuan," imbuhnya.


Susi juga mengatakan, telah melakukan koordinasi dengan 2 kementerian teknis lainnya yaitu Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Susi mengklaim 2 kementerian itu setuju atas usulannya.


"Sudah confirm. Kalau anda melakukan itu sebagai pejabat anda tidak amanah. Kita sebagai regulator wajib untuk mempunyai sifat amanah," tegas Susi.


(wij/dnl)