Bos Sido Muncul Ajak Berfoto Selfie, Susi: Bayar Dulu

Jakarta -Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti diminta berfoto selfie oleh Bos Sido Muncul Irwan Hidayat. Tak mau berfoto gratis, Susi pun meminta bayaran.

"Minta selfie bayar. Saya mau Anda punya salam Anti Illegal, Unreported, and Unregulated (IUU) fishing," katanya sebelum berpidato di Tanoto Entrepreneur Series: Belajar Kreatif dalam Berbisnis di Marquee, Cyber Building Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (5/12/2014).


Diminta bayar memakai salam Anti IUU, Irwan pun bersedia. Akhirnya Susi pun mengajak para hadirin untuk mengucapkan salam itu bersama-sama.


"Salam anti IUU. Indonesia, mari bersama saya! Illegal fishing no more, unreported no more, pencurian ikan no way, Indonesia jaya di laut!" tegas Susi bersama para hadirin.


Susi pun langsung membuka pidatonya. Ia berbicara soal ironi luasnya laut Indonesia tapi urusan ikan masih impor.


"Kenapa Indonesia impor ikan? Laut kita itu sudah tercemar. Kucing sama anjing di Banyuwangi kalau lihat ikan enggak mau makan, karena sudah tercemar," jelas Susi.


Selain itu, kata Susi, ikan yang tersedia juga sudah diangkut semua oleh kapal asing. Indonesia termasuk negara dengan garis laut terpanjang kedua dunia, tapi sayang ekspor ikannya masih di nomor lima di ASEAN.


"Blacklist semua kapal pencuri, bukan bisnisnya tapi para pencuri ikan," ujarnya.


(ang/ang)