Perintah Jonan: Pegawai Kemenhub Harus Bekerja Saat Natal dan Tahun Baru

Jakarta -Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan telah mempersiapkan angkutan liburan natal dan tahun baru. Perintah Jonan, seperti disampaikan Plt Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Sugihardjo, agar aspek keselamatan dan pelayanan menjadi fokus seluruh jajaran Kemenhub.

Maka dari itu, Jonan meminta seluruh petinggi Kemenhub mulai level Direktur Jenderal (Dirjen) ke bawah untuk turun langsung memantau sarana dan prasarana transportasi darat, udara, laut hingga kereta api.


Jonan hanya memberi libur Natal bagi pegawai yang merayakan. Menjelang Natal dan Tahun Baru semua pegawai yang sudah ditunjuk harus mau bekerja dan memantau langsung.


"Yang baru ialah pemberian aspek keselamatan dan layanan. Pak Menteri tugaskan eselon I tugas di lapangan bukan di kantor tapi turun ke lapangan. Nggak hanya di Jawa tapi ke luar Jawa sehingga berpengaruh layanan dan keselamatan yang diberikan oleh operator," kata Sugihardjo saat press conference Angkutan Natal dan Tahun Baru di Kemenhub, Jakarta, Jumat (5/12/2014).


Ia menambahkan, ini merupakan pertama kali para pegawai Kemenhub memantau langsung ke lapangan saat Natal dan Tahun Baru. Pada era kepemimpinan menteri-menteri sebelum Jonan, pemantauan dilakukan dari jauh dan hanya monitoring.


Kemenhub akan mengecek kesiapan armada dan fasilitas transportasi untuk kesiapan liburan natal dan tahun baru. Seperti melarang proses docking kapal laut saat arus liburan natal dan tahun baru.


Begitu juga memeriksa kecakapan awak transportasi seperti masinis, pilot, nahkoda hingga sopir akan diperiksa secara ketat.Next


(feb/ang)