Indonesia Punya 130 Juta Hektar Lahan, Hanya 6% untuk Kebun Sawit

Singapura -Indonesia selain memiliki hamparan laut lepas yang luas dan belasan ribu pulau, juga kaya akan lahan yang bisa dipakai untuk perkebunan. Indonesia memiliki 130 juta lahan, namun hanya sedikit yang digunakan untuk lahan sawit.

Hal tersebut dikatakan oleh Managing Director Asian Agri Group Kelvin Tio di acara Media Gathering Royal Eagle Group di Orchard Parade Hotel, Singapura, Jumat (5/12/2014).


"Di Indonesia ada 130 juta hektar dan 10 juta untuk pulp and paper‎. Kelapa sawit 10-11 juta," katanya.


Menurut Kelvin, hal itu sangat disayangkan karena ‎di kelapa sawit menyumbangkan cukup banyak produksi untuk industri minyak nabati di dunia, yaitu 38%. Di samping itu juga minyak kedelai 26%.


"Dalam konteks dunia, kelapa sawit menyumbangkan 38% minyak nabati dunia. Tapi hanya memakai 6% lahan yang ditanami," tuturnya.


Selain itu, di Indonesia khususnya, minyak sawit berkontribusi 1,6% dari Produk Domestik Bruto (PDB) dan 11% dari total ekspor yaitu senilai US$ 20 miliar atau setara Rp 240 triliun.


Dia mengatakan, ke depan sektor industri minyak nabati yang bakal paling cepat berkembang adalah minyak kelapa sawit. "Kebutuhan akan minyak nabati dunia akan meningkat. Tidak mungkin kalau kita bicara kedelai," tutur Kelvin.


(zul/hds)