PTPN VII dan GMF Aero Asia Disiapkan Go Public Tahun Depan

Jakarta -Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terus mendorong sejumlah perusahaan plat merah untuk bisa berkontribusi meramaikan pasar modal Indonesia, dengan mencatatkan sahamnya melalui Initial Public Offering (IPO).

Paling tidak, ada 2 perusahaan yang dinilai sudah layak bisa melantai di bursa saham tahun depan.


Perusahaan tersebut adalah, anak usaha PT Garuda Indonesia Airlines Tbk (GIIA), yaitu PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia (GMF). Lalu kedua adalah PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VII.


Staf Ahli Bidang Tata Kelola dan Sinergi Antar BUMN Achiran Pandu Djajanto mengungkapkan, dorongan agar BUMN bisa melantai di bursa bukan hanya untuk induk usaha saja, tapi juga anak perusahaan.


Menurutnya, anak perusahaan BUMN yang dinilai punya potensi tinggi bisa didorong untuk IPO.


"Soal IPO kesempatannya kita meningkatkan value, tidak lagi terbatas BUMN-BUMN di induk tapi di anak-anak perusahaannya, misalnya anak perusahaan penerbangannya, yang sudah punya nilai tinggi, GMF Aero. Salah satu anak perusahaan perkebunan PTPN VII, semua diberi kesempatan," ujar Pandu.


Ini diungkapkan Pandu dalam acara CEO Networking 2014 bertema Opportunities and Challenges Toward ASEAN Economic Community 2015, di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Nusa Dua, Bali, Sabtu (6/12/2014).Next


(drk/dnl)