Keren! Ada Perhiasan Raksasa di Bandara Changi

Singapura -Bandara Changi di Singapura sedang dalam proses pengembangan kapasitas penumpang melalui pembangunan Terminal 4. Hari ini Changi Airport Group meresmikan pembangunan kubah raksasa mirip donat yang dinamakan Jewel Changi Airport.

Kok donat? Berdasarkan tampilan desain bangunannya, jika dilihat dari atas nampak seperti donat karena ada lubang di tengah-tengah kubah tersebut.


Chief Executive Officer Changi Airport Group & Chairman of Jewel Changi Airport Devt Pte Ltd Lee Seow Hiang mengatakan, proyek Jewel ini merupakan suatu gambaran bahwa fungsi bandara bukan hanya sebagai pintu gerbang penerbangan, tapi juga sebagai tujuan wisata.


"Jewel merupakan sebuah inovasi terpenting dari Bandara Changi selama 30 tahun terakhir, proyek ini merupakan salah satu masa depan bandara. Menghadapi persaingan yang ketat, kami menantang diri untuk memikirkan kembali apa fungsi bandara yang bukan hanya sebagai pintu gerbang penerbangan, tetapi dapat juga sebagai tujuan wisata," ungkap Lee di acara Groundbreaking Jewel Changi Airport, di Bandara Changi, Jumat (5/12/2014).


Proyek Jewel Changi ini ditargetkan akan selesai pada akhir 2018, jadi setelah Terminal 4 selesai pada 2017 dengan kapasitas 16 juta penumpang per tahun, kemudian setahun kemudian proyek Jewel selesai.


Luas bangunan Jewel Changi ini mencapai 134.000 meter persegi, letaknya di tengah-tengah terminal 1, 2, 3 dan 4 yang sedang dalam pengerjaan.


Di dalam kubah donat raksasa ini, akan berisi berbagai fasilitas mulai dari taman indoor dan tempat rekreasi, toko-toko ritel dan fasilitas hotel, semua di bawah satu atap. Dinding kubah raksasa ini terbuat dari kaca dan baja.


(rrd/ang)