Ini Daftar Pemda Terbaik di Bidang Pekerjaan Umum

Jakarta -Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU Pera) menggelar Malam Penganugerahan Kinerja Pemerintah Daerah di bidang Pekerjaan Umum (PKPD-PU) di Gedung Sumberdaya Air Lementerian PU Pera, Jakarta, Jumat (5/12/2014).

Program penghargaan yang telah dilaksanakan sejak 2005 ini, memberikan sejumlah penghargaan sebagai apresiasi kepada pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota yang dinilai memiliki kelebihan dalam menyelenggarakan layanan dan penyediaan infrastruktur pekerjaan umum.


Apresiasi tersebut mencakup penghargaan dalam bidang penataan ruang, bidang pekerjaan umum (sub bidang sumber daya air, bina marga, cipta karya), dan bidang pembinaan jasa konstruksi.


“Penilaian dalam PKPD-PU ini dilakukan dengan melihat kombinasi antara potret dan kinerja pemerintah daerah ketika menyelenggarakan sebagian urusan wajib pada lingkup pekerjaan umum, sesuai kategori dan kriteria yang telah ditetapkan,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Basuki Hadimuljono dalam sambutannya.


Dari nama-nama yang muncul sebagai pemenang, tak hanya didominasi oleh Pemerintah Daerah di Pulau Jawa Saja tetapi juga di pulau lainnya di seluruh Indonesia.


Kota Surabaya yang dipimpin Wali Kota Tri Rismaharini mendapat penghargaan juara 1 PKPD-PU Sub Bidang Cipta Karya kategori Kota Metropolitan, sementara Kabupaten Banyuwangi yang dipimpin Bupati Abdullah Azwar Anas menyabet penghargaan PKPD-PU Sub Bidang Penataan Ruang Kategori Kabupaten.


Berikut daftar lengkap Pemerintah Daerah yang menerima penghargaan sesuai kategori wilayah administratif dan kategori penilaiannya.Next


(dna/hen)