Tahun Depan, JK Janji Lanjutkan Konversi BBM ke BBG

Bojonegoro -Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah kerap menggaungkan program konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG). Namun nasib program ini juga cukup lama terkatung-katung.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan, pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) punya komitmen kuat untuk melanjutkan konversi BBM ke BBG. JK sendiri sudah berpengalaman menggenjot konversi minyak tanah ke elpiji 3 kg, dan cukup berhasil.


"Tadi sudah bahas dengan Menko Perekonomian, Menteri ESDM, Pertamina, SKK Migas, nanti kita lanjutan segera. Tapi harus ada pembangunan," kata JK dalam perjalanan kereta api Bojonegoro-Surabaya, Jumat (5/12/2014).


JK berjanji pemerintah akan memulai program konversi tahun depan. "Tapi harus ada tambahan stasiun gas di mana-mana. Semua kendaraan umum kasih converter," ujarnya.


Untuk tahun pertama, lanjut JK, pemerintah akan membangun infrastruktur seperti SPBG. Pembangunan akan dilakukan serentak secara nasional.


"Tahun depan kita bangun infrastrukturnya, kira-kira butuh setahun itu semua. Tapi serentak nasional," sebutnya.


Ketika infastruktur telah terbangun, tambah JK, sebagai awalan konversi harus diterapkan untuk kendaraan umum. Kemudian untuk truk besar, dan bukan tidak mungkin kereta api.Next


(hds/dnl)