Butuh Modal? Miliuner Ini Bagi-bagi Rp 1,2 Triliun untuk 10.000 Usaha Baru

Jakarta -Miliuner ini berniat membantu orang lain mewujudkan bisnis impiannya dengan membagi-bagi US$ 100 juta (Rp 1,2 triliun) kepada 10.000 pelaku usaha baru.

Ia adalah salah satu orang terkaya Nigeria, Tony Elumelu, komisaris dari salah satu perusahaan investasi terbesar Afrika yaitu Heirs Holdings Limited.


Melalui Tony Elumelu Foundation Entrepreneurship Program (TEEP), ia berharap sumbangannya ini bisa berubah menjadi omzet sebesar US$ 10 miliar (Rp 120 triliun) bagi para pelaku usaha dalam 10 tahun ke depan.


"Saya selalu mencari cara untuk menginspirasi generasi baru di benua kami. Saya percaya, para pelaku usaha di Afrika, baik itu pria maupun wanita, bisa membawa Afrika ke arah pertumbuhan dan masa depan yang lebih baik," ujarnya seperti dikutip CNN, Minggu (7/12/2014).


Melalui keyakinannya ini ia memunculkan uangkapan "Africapitalism" sebuah filosofi ekonomi mengenai peran sektor swasta dalam pembangunan dan kesejahteraan Afrika.


Pendaftaran terbuka untuk para pelaku usaha yang tersebar di 54 negara Afrika. Proposal yang dikirim boleh dibuat dalam bahasa Inggris, Prancis, dan Portugis.


Proposal yang masuk akan diseleksi oleh dewan juri dan akan dipilih 1.000 pemenang setiap tahun. Pemenang terpilih tak hanya diberi uang tapi juga pelatihan soal bisnis selama 12 pekan.


Para dewan juri yang akan melakukan seleksi di antaranya Ayodeji Adewunmi pendiri situs pencari kerja Nigeria Jobberman, lalu ada Opunimi Akinkugbe CEO perusahaan papan permainan Bestman Games, dan juga Monica Musonda, CEO Java Food yang bermarkas di Zambia.


(ang/ang)