Ini Cara Bupati Azwar Anas Ubah Banyuwangi Jadi Hijau dan Tertata

Jakarta -Ada berbagai cara yang dilakukan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dalam menciptakan lingkungan hijau dan tertata di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Ia mengeluarkan berbagai ketentuan agar masyarakat terdorong untuk menanam pohon.

"Misalnya kalau naik pangkat harus tanam pohon, kalau bercerai harus tanam pohon. Cara-cara itu lah yang contohnya untuk mendorong masyarakat ikut berpartisipasi dalam penghijauan," kata Azwar Anas usai menghadiri malam penganugerahan PKPD-PU 2014 di Kantor Kementerian PU Pera, Jakarta, Jumat (5/11/2014).


Berkat terobosannya, Kabupaten Banyuwangi diganjar penghargaan sebagai kabupaten dengan penataan ruang terbaik se-Indonesia. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.


Penghargaan ini merupakan rangkaian dari Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah (PKPD) Bidang Penataan Ruang yang diselenggarakan Kementerian PU dan Perumahan Rakyat untuk mendorong pemerintah daerah agar lebih meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, khususnya dalam penyelenggaraan penataan ruang.


Azwar sangat mengapresiasi penghargaan ini karena memang penataan ruang tengah menjadi fokusnya untuk mewujudkan Banyuwangi berkembang secara berkelanjutan.


"Salah satu masalah krusial pasca-reformasi adalah penataan ruang di mana banyak sekali salah tata kelola. Maka kami mulai membenahi dengan serius. Penghargaan ini menjadi semangat bagi kami untuk menjaga komitmen dalam menata daerah,” kata Azwar Anas.


Selain terobosan dalam hal penghijauan, Azwar juga melakukan terobosan lain terkait penataan ruang dengan melakukan zonasi pengembangan kawasan yang dituangkan dalam Peraturan Daerah.Next


(dna/hen)