Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Ditargetkan Beroperasi 2017

Jakarta -Proyek Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi di Sumatera Utara sepanjang 61,8 km ditarget dapat beroperasi penuh pada 2017. Saat ini proses yang dilakukan masih percepatan pembebasan lahan.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Djoko Murjanto mengatakan tol yang pengerjaannya terbagi dalam dua seksi.


"Seksi I diharapkan dapat beroperasi mulai 2016 dan seksi II di 2017. Ini sudah menjadi janji di depan masyarakat. Sehingga saya berharap segenap pemangku kepentingan dapat bersinergi merealisasikan hal tersebut," ujar Djoko dalam sambutannya pada acara penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) di Kantor Pusat Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (5/1/2015).


Ia menerangkan, tol yang merupakan bagian dari program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) ini mencakup seksi I yaitu Medan-Perbarakan-Kualanamu sepanjang 17,80 Km dikerjakan oleh pemerintah. Sementara untuk Seksi II dari Perbarakan hingga Tebing Tinggi sepanjang 44 Km akan digarap investor swasta.


Seksi I Dimulai 2013


Seksi I ruas jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi telah dimulai sejak awal 2013. Kepala Balai Pelaksana Jalan Tol I Zamharir Basuni menjelaskan, meskipun telah memasuki tahun kedua, pengerjaan jalan tol ini baru mencapai 15%.


"Fisik pembangunan untuk seksi I baru 15%. Pembangunannya sudah dimulai sejak 2013, sekarang sudah memasuki tahun ke-2," ujar Zamharir saat dijumpai di Kantor Kemeterian PUPR, Jakarta, Senin (5/1/2015).Next


(dna/hen)