Bagi yang Belum Punya Target Keuangan, Wajib Baca Ini!

Jakarta -Tahun baru selalu membawa harapan-harapan baru yang diharapkan akan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Salah satu harapan yang musti tidak boleh terlewat adalah memiliki resolusi keuangan yang lebih baik untuk keluarga maupun diri sendiri.

Apa saja yang harus masuk dalam daftar resolusi keuangan Anda tahun ini? Bagi Anda yang belum punya resolusi keuangan di 2015, berikut pemaparan dari Perencana Keuangan ZAP Finance Ratih Nurmalasari seperti dikutip detikFinance dari situs resminya, Minggu (15/2/2014).


Punya Rencana Keuangan


Apakah tahun ini Anda ingin menikah, membeli rumah, memiliki kendaraan, pergi berlibur atau mungkin sedang menunggu kehadiran anggota keluarga baru? Apapun keinginan yang Anda miliki, buatlah dalam suatu rencana keuangan tertulis, lengkap dengan kebutuhan dana serta target waktu dilakukannya rencana tersebut. Jika ada rencana yang mungkin akan terealisasi di tahun-tahun mendatang, jangan lupa untuk menghitung kebutuhan dana di masa yang akan datang dengan asumsi tingkat kenaikan biaya atau inflasi.


Hapus Utang Konsumtif


Jika Anda memiliki utang konsumtif di awal tahun ini, maka jadikan resolusi untuk menghapus utang konsumtif sebagai prioritas pertama dalam rencana keuangan Anda. Ingat bahwa bunga atas utang konsumtif sulit ‘dikejar’ oleh imbal hasil investasi.


Punya Dana DaruratNext


(drk/hen)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com