Karantina Pertanian Sorong Musnahkan 11 Ton Daging Terkontaminasi Bakteri

Jakarta -Stasiun Karantina Pertanian kelas I Sorong memusnahkan 11 ton daging berbagai jenis dalam satu kontainer kemarin. Pemusnahan dilakukan karena daging tersebut sudah terkontaminasi bakteri yang berbahaya bila dikonsumsi.

Rincian ke 11 ton daging berbagai jenis adalah daging ayam 10.100 kg, daging sapi 300 kg, daging sapi olahan 600 kg. Selain itu turut dimusnahkan Cabai rawit merah sebanyak 350 kg.


"Komoditi ini berasal dari Jakarta dengan tujuan Sorong," ungkap Ka Sub Humas Badan Karantina Pertanian Arief Cahyono, Kementerian Pertanian kepada detikFinance, Sabtu (14/02/2015).


Arief mengatakan pemusnahan disebabkan pada saat pemeriksaan fisik pada tanggal 10 Februari 2015 yaitu kondisi komoditi sudah dalam kondisi busuk dan tidak beku. Petugas selanjutnya melakukan pemeriksaan laboratorium dan ditemukan adanya kontaminasi bakteri Salmonella dan E. Coli.


"Pemeriksaan secara detil ini dilakukan untuk menjamin produk pangan yang aman dan sehat bagi masyarakat yang akan mengkonsumsi," katanya.


Pemusnahan dilakukan dengan cara membakar dalam lubang besar dan selanjutnya ditimbun di lokasi Kasim Marine Terminal (KMT) Sele Sorong.


(wij/ang)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com