Dua Menteri Jokowi Blusukan ke Papua, Tinjau Tambang Freeport

Jakarta -Dua menteri Kabinet Kerja pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini blusukan ke Papua. Agendanya adalah meninjau lokasi operasional PT Freeport Indonesia, dan salah satunya melihat kemungkinan pembangunan fasilitas pengolahan barang tambang (smelter).

Menteri ESDM Sudirman Said serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono berangkat dari Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta, Jumat (13/2/2015). Rombongan menaiki pesawat VIP milik TNI AU dengan tipe Boeing 737-400.


Mengutip agenda yang dirilis Kementerian ESDM, Sabtu (14/2/2015), ‎pesawat akan singgah di Makassar (Sulawesi Selatan) untuk mengisi bahan bakar. Kemudian melanjutkan perjalanan ke Bandara Mozez Kilangin di Timika, Papua.


Rombongan dijadwalkan tiba di Timika pukul 05.40 WIT. Pada pukul 09.00 WIT, rombongan akan mengunjungi lokasi pertambangan Freeport di Tembagapura dan kemudian di Grasberg.


Sebagai informasi, pemerintah telah memperpanjang izin ekspor Freeport selama 6 bulan terhitung berakhirnya kesepakatan pada 25 Januari 2015. Namun Freeport harus mematuhi sejumlah syarat, salah satunya berkomitmen membangun smelter.


Freeport sendiri berencana membangun smelter di Gresik (Jawa Timur). Namun sejumlah pihak ingin perusahaan asal Amerika Serikat (AS) itu membangunnya di Papua‎.


(hds/ang)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com