Capai Rp 1,2 T, Anggaran Banjir untuk Jakarta Terbesar se-Indonesia

Jakarta -Pemerintah pusat menganggarkan Rp 1,2 triliun untuk menangani banjir di Jakarta, tahun ini. Alokasi ini termasuk yang terbesar dibanding anggaran untuk penangangan banjir di daerah lain di 2015.

Dirjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mudjiadi menuturkan, pada umumnyta, anggaran untuk penangangan banjir untuk mengerjakan proyek atau mitigasi bencana banjir di Ditjen Sumber Daya Air (SDA) sebesar 30%-35% dri total anggaran Ditjen SDA.


"Anggaran banjir rata-rata tahunannya 30%-35% dari anggaran dipa-nya SDA. Tahun ini anggarannya Rp 22 triliun di luar APBN-Perubahan, jadi sekitar Rp 6 triliun," tutur Mudjiadi di Kementerian pekerjaan Umum, Jakarta, Jumat (13/2/2015).


Mudjiadi mengatakan, khusus untuk wilayah di Jakarta pemerintah menganggarkan anggaran Rp 1,2 triliun. Nilai tersebut merupakan anggaran terbesar dibanding daerah-daerah lainnya.


"Jakarta Rp 1,2 triliun yang lain ada di Padang, Bandung, Sumut, dan daerah-daerah lain, lalu Sulut, dan Surabaya dari JICA," katanya.


Ia beralasan, Jakarta merupakan ibu kota yang perannya sangat vital di Indonesia. Pusat pemerintahan, bisnis serta ekonomi mayoritas berputar di Jakarta. Jika hal itu lumpuh karena banjir, maka dampak yang ditimbulkan akan sangat besar.


"Dari dulu paling besar di Jakarta karena ibu kota, selain itu juga kalau banjir di Jakarta kerugiannya paling tinggi," tutupnya.


(zul/hen)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com