Menteri ESDM: Smelter Akan Dibangun di Papua

Timika -Dua menteri Kabinet Kerja yaitu Menteri ESDM Sudirman Said serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono melakukan blusukan ke Papua. Ada sejumlah hal yang menjadi hasil blusukan tersebut.

"Hari ini tercapai kesepakatan penting, bukan hanya soal Freeport tapi pembangunan kawasan. Kami sepakat mengangkat isu Freeport dan smelter bukan isu politik, tapi ekonomi dan pembangunan," kata Sudirman dalam konferensi pers di Hotel Rimba Papua, Timika, Minggu (15/2/2015).


‎Berikut kesepakatan yang tercapai seperti diucapkan Sudirman:


‎1. Freeport dan pemerintah sepakat rencana membangun smelter di Papua. Menjadi catatan, ini adalah bagian dari pembangunan smelter nasional. Yang kita bangun adalah fasilitas nasional.


2. Smelter merupakan bagian dari pembangunan kawasan industri yang dikembangkan pemerintah daerah, baik Provinsi Papua maupun Kabupaten Mimika. Kementerian PUPR akan mendukung upaya penyiapan kawasan dan mencocokkan rencana tata ruang nasional.


3. PT Freeport Indonesia dipesan akan mendukung sepenuhnya proses menerobos wilayah sulit di Papua dengan infrastruktur dasar.


4. Pemerintah Papua dan Timika akan menyiapkan tim kerja yang menyiapkan kawasan. Tim ini akan berhubungan dengan investor yang mau masuk ke kawasan. Harus menyeleksi mitra-mitra yang bonafit, agar pembangunan berjalan lancar.Next


(hds/hen)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com