Ini Penampakan Grasberg, Ikon Tambang Emas 'Raksasa' di Papua

Timika -Tambang terbuka (open pit) sudah menjadi ikon PT Freeport Indonesia. Namun, tambang emas dan tembaga yang sudah beroperasi sejak akhir 1980-an ini bakal 'pensiun' pada 2017.

Kali ini, detiFinance berkesempatan untuk melihat langsung tambang Grasberg, di Papua. Untuk mencapainya, mobil harus melalui jalan terjal dan berbatu di Pegunungan Tengah.


Perjalanan dari guest house PT Freeport Indonesia ke lokasi tambang memakan waktu sekitar 30-45 menit. Jalan yang ditempuh cukup terjal, bahkan ada yang memiliki kecuraman 45 derajat.


Tiba di puncak tambang Grasberg, udara dingin langsung merasuk ke tulang. Maklum, suhu di luar adalah 8-10 derajat celscius.


"Kita ada di ketinggian 4.285 meter di atas permukaan laut," kata Nurhadi Sabirin, EVP ‎& General Manager Freeport Indonesia, di tambang Grasberg, Timika, Papua, Minggu (15/2/2015).


Puncak tambang Grasberg memang tinggi. Bahkan kita bisa melihat Puncak Jaya dengan salju abadinya.


Tambang Grasberg, lanjut Nurhadi, punya diameter mencapai 4 km. Sementara dalamnya lebih dari 1 km, mengalahkan ketinggian gedung Burj Khalifa di Dubai (Uni Emirat Arab).Next


(hds/hen)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com