Tambang Emas 'Raksasa' Freeport Bakal Jadi Tempat Wisata di Papua

Timika -Tambang emas dan tembaga, Grasberg di Papua sudah menjadi ikon PT Freeport Indonesia. Namun, tambang ini diperkirakan 'pensiun' pada 2017.

Wahyu Sunyoto, SVP Geoscience & Technical Services‎ Division Freeport Indonesia, mengungkapkan nantinya area tambang Grasberg akan dijadikan tempat wisata. Di daerah puncak tambang, akan menjadi museum yang memamerkan berbagai alat-alat pertambangan.


"Ke depan daerah ini untuk museum. Alat-alat tambang uang 'pensiun'‎ ditaruh di sini. Pasca tambang, daerah ini bisa menjadi wisata tambang," papar Wahyu di lokasi tambang Grasberg, Timika, Papua, Minggu (15/2/2014).


Konsep ini, lanjut Wahyu, memang belum disiapkan dalam waktu dekat. ‎Namun bila memang arahnya ke sana, fasilitasnya sudah ada.


"Memang masih cukup lama, tapi dari Freeport sudah ada fasilitas. Ada bus. Ke depan dengan adanya sistem yang lebih baik bisa lebih mendukung untuk wisata," paparnya.


Untuk berwisata ke tambang Grasberg, tambah Wahyu, caranya cukup mudah. Bila berangkat dari Jakarta, bisa menggunakan pesawat menuju Timika, Papua. Sudah cukup banyak maskapai yang melayani penerbangan rute ini.


"Kalau naik Garuda, sekali jalan sekitar Rp 6 juta," ujarnya.Next


(hds/hen)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com