Ini Truk 'Raksasa' di Tambang Emas Freeport yang Bannya Seharga Sedan Mewah

Timika -PT Freeport Indonesia adalah perusahaan tambang yang berkantor pusat di Amerika Serikat (AS) yang sudah puluhan tahun beroperasi di Papua, Indonesia. Sebagai perusahaan tambang raksasa, wajar bila Freeport Indonesia punya alat-alat yang super.

Wahyu Sunyoto, SVP Geoscience & Techinical Services Division Freeport Indonesia, ‎mencontohkan beberapa truk pengangkut bijih (ore) nomor satu ada di lokasi tambang Grasberg, Papua.


"Kami punya truk terbesar itu jenis 797. Bisa 350 ton ore sekali angkut," tutur Wahyu di Timika, Papua, Sabtu (14/2/2014).


Soal tenaga, menurut Wahyu, jangan ditanya. Truk tipe 797 punya 2.000 tenaga kuda. Mesinnya pun ganda.


Harganya pun, lanjut Wahyu, tidak main-main. Satu unitnya bisa dibanderol Rp 100 miliar. Bahkan harga satu ban truk ini bisa setara dengan harga mobil sedan kelas atas yang dibanderol di atas Rp 500 juta.


"Satu bannya seharga mobil sedan kelas atas," ujar Wahyu.


Untuk mendukung akses bagi kendaraan-kendaraan besar, tambah Wahyu, Freeport membangun jalan khusus. Jalan tersebut diberi nama HEAT Road.


‎"Ini bukan HEAT yang artinya panas, tapi Heavy Equipment Access Trail‎. Harus ada akses khusus bila mau meningkatkan produksi," sebutnya.


(hds/hen)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com