Menteri ESDM Malam Ini Terbang ke Papua, Blusukan ke Freeport

Jakarta -Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said dijadwalkan melakukan blusukan ke Papua. Sudirman akan mengunjungi fasilitas produksi PT Freeport Indonesia, termasuk melihat kemungkinan pembangunan fasilitas pemurnian barang tambang (smelter) di Papua.

Sudirman dan rombongan akan berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (13/2/2015). Penerbangan akan menggunakan pesawat VIP milik TNI AU.


"‎Berangkat Jumat dengan Pesawat VIP AURI pukul 21.30 WIB. Kepulangan Minggu (15/2/2015) pukul 14.30 WIT dengan pesawat yang sama saat berangkat," sebut salah satu staf humas Kementerian ESDM.


‎Sebagai informasi, pemerintah telah memperpanjang izin ekspor konstrat Freeport selama 6 bulan terhitung berakhirnya kesepakatan pada 25 Januari 2015. Namun Freeport harus mematuhi sejumlah syarat, salah satunya berkomitmen membangun smelter.


Freeport sendiri berencana membangun smelter di Gresik (Jawa Timur), tetapi sejumlah pihak ingin perusahaan asal Amerika Serikat (AS) itu membangunnya di Papua. ‎Salah satunya adalah Lukas Enembe, Gubernur Papua.


Pekan lalu, Lukas dan bupati-bupati Papua sengaja datang ke Jakarta. Tujuannya adalah mendesak pemerintah pusat agar mendorong Freeport membangun smelter di Bumi Cendrawasih.


‎"Saya datang ke sini, bersama para bupati-bupati di Papua, meminta Menteri ESDM untuk mendesak Freeport membangun smelter di Papua," tegas Lukas, pekan lalu.


"Tambang Freeport ada di Papua, kenapa harus bangun smelter di Gresik? Batalkan pembangunan smelter di luar Papua, Freeport harus bangun di Papua," sambung Lukas.


(hds/hen)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com