Ini Dia Legoland Pertama dan Terbesar di Asia

Johor Bahru - Apa jadinya mainan anak-anak berkumpul menjadi satu di sebuah area seluas 83 hektar. Bukan sembarang mainan, namun 51 juta bagian lego atau mainan anak yang disusun seperti puzzle memeriahkan arena bermain di Johor Bahru yang disebut Legoland Malaysia yang dioperasikan oleh Merlin Entertainments Group.

Ada banyak atraksi mainan di tempat ini, diperkirakan lebih dari 41 atraksi atau wahana yang masuk ke dalam 7 klaster, dan hebatnya, semua berbahan dasar lego. Banyak tokoh-tokoh kartun atau bahkan bangunan di dunia yang dibuat berbahan dasar lego.


"Ada 40 atraksi lebih kalau saya tidak salah dan 51 juta lego di tempat ini," Head of Sales and Marketing Legoland Malaysia, Constanze Frank di Legoland Malaysia, Jumat (17/5/2013).


Legoland Malaysia ini merupakan suatu bagian proyek yang letaknya menyatu dengan Mall of Medini, Johor Bahru. Jika masuk ke tempat ini pada siang hari, siapkan kacamata hitam, topi, atau bahkan payung untuk menahan panasnya terik matahari, namun hal tersebut akan terobati dengan suguhan atraksi di dalam.


Dengan merogoh kocek sebesar RM 140 atau setara Rp 448.000 untuk orang dewasa, dan RM 110 atau setara Rp 352.000 untuk anak-anak dan lansia di atas 60 tahun. Juga tiket tahunan yang bisa dipakai setiap hari, seharga RM 325 untuk dewasa dan RM 255 untuk anak-anak dan lansia di atas 60 tahun.


Dengan membayar besaran tiket tersebut, mereka sudah bisa menikmati berbagai atraksi yang dibuka mulai pukul 10.00 hingga 18.00 pada hari biasa, dan pukul 10.00 hingga 20.00 pada hari libur atau akhir minggu.


Anak-anak pasti akan dihibur dengan berbagai wahana seperti Driving School, di mana anak-anak bisa berlatih berkendara mobil sendiri, dengan mobil kecil melaju di sebuah linntasan pendek dilengkapi dengan rambu-rambu lalu lintas layaknya di dunia nyata.


Yang membuat tercengang lagi adalah miniatur-miniatur bangunan di dunia yang terkumpul di dalam satu wahana yang disebut miniland. Yang mana di tempat tersebut anda bisa melihat Taj Mahal, Tembok Besar China, Menara Petronas dan Monorel Kuala Lumpur, serta banyak bangunan lainnya. Yang unik, itu semua dibuat dari susunan lego dan bergerak dengan menggunakan sensor.


"Kita tahun depan akan membuat beberapa atraksi lagi di miniland, dan lainnya," lanjut Contanze.


Tak hanya untuk anak kecil, beberapa wahana pun bisa digunakan untuk para orang dewasa atau bahkan orang tua, seperti roller coaster dan kereta mini yang melintas mengelilingi seluruh bagian Legoland ini.


Sebuah pengalaman yang sangat menarik didapat detikFinance untuk mengunjungi sebuah proyek senilai puluhan milyar ini. Selain di Malaysia, Legoland pun telah hadir di beberapa negara lain, seperti Denmark, Jerman, Amerika Serikat di California dan Florida, dan Inggris.


Di tahun ini pun, Contanze mengatakan, akan dibuat hotel bernuansa adventure, pirates dan Kingdom yang ditargetkan akan dibuka pada akhir tahun ini, juga sebuah waterpark yang bernuansa lego.


(zul/ang)