Ini Ragam Tanggapan Anggota DPR Soal Kinerja Darmin di BI

Jakarta - Hari ini, Darmin Nasution mengakhiri masa jabatanya sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI). Darmin melaporkan hasil kinerjanya selama 4 tahun kepada Anggota Komisi XI DPR RI.

Para anggota dewan mangapresiasi kinerja Darmin selama menjabat gubernur BI, termasuk oleh Ketua Komisi XI DPR RI Emir Moeis.


Ia menilai selama berinteraksi dengan Darmin, banyak ilmu pengetahuan yang bisa diambil. Itupun disamping banyak kebijakan yang sangat tepat dikeluarkan oleh BI.


"Saya atas nama fraksi sangat berterima kasih. Karena juga belajar banyak, karena kita banyak yang bukan berasal dari makro ekonomi. Sampai akhirnya kita ngajarin orang. Itu luar biasa tanpa kita harus belajar secara formil," kata Emir di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (21/5/2013)


Kemudian pujian juga disampaikan oleh anggota dewan lainnya, yaitu Harry Azhar Aziz. Mewakili fraksinya partai Golkar, Harry menyampaikan terima kasih kepada Darmin telah sangat membantu.


Kekaguman Harry, kepada Darmin tidak hanya sebagai Gubernur BI, namun juga ketika Darmin sebagai Dirjen Pajak Kementerian Keuangan. Harry mengatakan, jika Darmin kembali mengajukan sebagai gubernur BI, maka fraksinya sangat mendukung.


"Atas nama fraksi saya meminta terima kasih sebesar besarnya. Kalau pak Darmin mengajukan lagi, pasti saya dukung," ungkap Harry di kesempatan yang sama.


Anggota lainnya dari Franksi PDIP, Maruarar Sirait mengungkapkan hal yang senada, ia menayakan kenapa Darmin tidak tidak dicalonkan sebagai Gubernur BI kembali. "Mungkin karena sudah dipastikan terpilih jadi tidak mau diusung lagi," ujar Maruarar.


Sementara itu, Darmin mengaku sangat bersyukur atas hasil kinerja BI bersama DPR selama ini. Berinteraksi dengan DPR, menurut Darmin membuat dirinya menjadi lebih matang.


"Saya berterima kasih dan bersyukur, rasanya perjuangan yang cukup panjang. Saya memperoleh banyak hal. Manusia ada sisi emosional, intelektual dan intelegensi. Interaksi semacam ini akan bernilai dan akan mematangkan masing-masing. Dan ini sangat mematangkan saya," pungkas Darmin.


(hen/hen)