Mulai Juli, 276 SPBU di DKI Uji Coba Operasikan RFID

Jakarta - PT Pertamina (Persero) akan memulai uji coba pengoperasian alat pemantau konsumsi BBM bersubsidi atau Radio Frequency Identification (RFID) pada 1 Juli 2013 di 276 SPBU di DKI Jakarta.

"Sudah uji coba tapi belum secara resmi. Kemarin kita coba secara teknis cukup berhasil konsepnya jalan, sistemnya berjalan baik juga. 1 Juli kita efektifkan secara resmi serentak di 276 SPBU di DKI, sudah ada pengesahan riil," kata Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Hanung Budya saat ditemui usai acara Temu Akbar BUMN, di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Minggu (19/5/2013).


Ia menjelaskan, penerapan tersebut merupakan sistem yang baru di Pertamina sehingga masih butuh penyesuaian. "Ini sistem yang baru, saya amatin dulu di operatornya jadi perlu waktu penyesuaian. Kemarin uji coba internal dulu, belum ngundang wartawan tapi sudah ada beberapa yang meliput," katanya.


Setelah penerapan dilakukan serentak di DKI, selanjutnya akan dilakukan penerapan RFID di Jawa Barat, Banten, dan luar kota lainnya. "1 Juli di DKI dulu setelah itu lanjut ke daerah-daerah lain di luar kota, di Banten, Jabar juga," katanya.


Ingin tahu selengkapnya soal RFID? Klik di sini.


(hen/hen)