Harga Daging Masih di Atas Rp 100.000/Kg, Hatta: Harusnya Sudah Turun

Jakarta - Pasca Lebaran harga daging di Jakarta masih mencapai Rp 120.000/kg. Hal ini mengundang reaksi Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa.

Hatta telah meminta Menteri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan dan Menteri Pertanian (Mentan) Suswono untuk membahas hal tersebut. Pasalnya cara-cara untuk meredam harga telah dilakukan sebelumnya dan target setelah Lebaran harga daging turun.


"Harusnya turun. Justru saya sekarang sedang meminta kepada kementerian perdagangan untuk mengambil action dan juga saya barusan berbicara kepada menteri pertanian bagaimana dengan supply. Intinya saya minta segera diturunkan," ujar Hatta kepada wartawan di kantornya, Jakarta, Selasa (13/8/2013)


Menurutnya kebutuhan masyarakat terhadap daging saat ini masih tinggi. Sementara di beberapa titik ada pasokan daging masih kurang.


"Itu Mentan membahas, saya sudah minta untuk dilakukan pembahasan mengapa sampai tinggi, padahal sudah ditambah impor dan sudah dibuatkan izin tambahan impor. Tapi memang permintaan tajam dan suply nya kurang, itu saja, menurut saya suply and demand hukum ekonomi," sebut Hatta.


Terkait ada kemungkinan kartel daging sapi, Hatta menyerahkan sepenuhnya kepada Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).


"Sekarang KPPU sedang akan menyelidiki, sedang akan menyelidiki mengapa daging yang sudah diberikan izin oleh menteri perdagangan impor yang cukup besar, sapi yang siap potong, kok malah harga tidak turun. Kalau mendengar ucapan-ucapan atau spekulasi berkembang ada yang suplainya sedikit, atau ditahan. tapi itu kan rumors. KPPU lah yang punya tugas menyelidiki itu," jelas Hatta.


(hen/hen)