Diduga Terlibat Kartel Bawang Putih, Gita Wirjawan Siap Klarifikasi

Jakarta - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menduga adanya keterlibatan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan dalam kasus kartel bawang putih. Gita siap mengajukan argumentasi pada sidang kartel bawang putih di KPPU pada 19 Agustus 2013 nanti.

Gita menyatakan, dirinya menghormati apa yang dilakukan oleh KPPU dalam melakukan penyelidikan terkait dugaan dirinya terlibat kartel bawang putih. Namun Gita menyiapkan argumentasi untuk persidangan nanti.


"Kami sangat menghormati sistem, karena ini negara hukum, dan nanti tanggal 19 akan dilakukan sidang dan kami akan menyiapkan argumentasinya, biar nanti mereka yang menilai argumentasi kita," kata Gita di Kantor Kementerian Perdagangan, Jalan Ridwan Rais, Jakarta Pusat, Selasa (13/8/2013).


Meski demikian, Gita meyakini apa yang telah dilakukan pemerintah terkait impor dan tata niaga bawang putih telah sesuai prosedur.


"Tapi kami sangat percaya bahwa dengan apa yang sudah kita lakukan. Dalam konteks bawang putih yang sudah di alegasikan itu sangat sudah memenuhi secara perturan, dan nanti bagaimana mereka yang menilai.


Seperti yang diberitakan sebelumnya, dalam sidang perdana kasus dugaan kartel bawang putih yang digelar (24/7) lalu di Gedung KPPU Jakarta, Investigator Penuntut KPPU Muhammad Nur Rofik menyatakan adanya dugaan aksi kongkalikong dalam pengaturan pasokan bawang putih yang melibatkan Menteri Perdagangan, Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag, dan Badan karantina Kementerian Pertanian (Kementan).


(zul/dnl)