Harga Daging Masih Tinggi, Suswono Salahkan Pedagang dan Bulog

Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Suswono menilai masih tingginya harga daging pasca Lebaran akibat pedagang yang tidak berkomitmen. Padahal, pasokan daging untuk pedagang pasar sudah tercukupi dengan masuknya daging impor dari Bulog.

"Tidak sebagaimana komitmen semula, komitmen semula kan akan siap mengamankan harga, bahkan di angka sekitar Rp 80 ribu/kg, sekarang faktanya tidak seperti itu," ungkapnya di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (13/8/2013)


Bahkan untuk daging impor dari Bulog juga dijual di atas harga normal atau yang sesuai komitmen."Bulog menjual melalui pedagang lagi, kalau sudah melalui pedagang ya pasti naikin harga lagi. Harusnya operasi pasar langsung ke konsumen. Tidak melalui pedagang," katanya.


Menurutnya, hal itu akan dievaluasi secara langsung oleh Kementerian Perdagangan. Sejauh ini, Suswono menuturkan pasokan daging sudah aman.


"Berarti ada yang salah, itu yang akan dievaluasi oleh Kementerian perdagangan. Dari stok yang ada dari 109 ribu ekor yang ada di feedloter (penggemukan sapi), ditambah lagi bulog untuk operasi pasar dengan impor ditambah lagi sapi hidup yang diizinkan impor kan sangat cukup," jelasnya.


Ia juga menilai ada pihak-pihak yang sengaja mengambil untung saat periode Lebaran. "Kalau tidak sesuai faktanya tentu ada yang memanfaatkan situasi Lebaran untuk mengambil untung," sebut Suswono.


(hen/hen)