Kartu Mahasiswa UI Bakal Berbentuk e-Money

Jakarta - Bank Indonesia (BI) terus mendorong penggunaan kartu prabayar elektronis (e-Money) untuk mewujudkan Less Cash Society. Tidak lama lagi kartu tanda mahasiswa (KTM) Universitas Indonesia akan berfungsi sebagai e-Money.

Rektor UI, Muhammad Anis mengungkapkan penggunaan e-Money memberikan banyak kemudahan dan mendorong makin luasnya sistem less cash society.


"Banyak kemudahan sistem ini, jadi nantinya kartu mahasiswa UI tidak hanya sebagai kartu mahasiswa dan absensi saja, tapi juga bisa digunakan untuk transaksi pembelian non tunai atau e-Money," kata Anis dalam seminar Less Cash Society, di Perpustakaan Universitas Indonesia, Rabu (2/10/2013).


Dikatakan Anis, less cash society memang memberikan banyak manfaat, mulai dari kemudahan bertransaksi, akurat, yang jelas transaksi non tunai lebih murah.


"Namun sistem ini masih banyak tantangan atau PR (Pekerjaan Rumah), pertama budaya masyarakat yang masih terbiasa menggunakan uang tunai, masih ada rasa kurang aman dalam transaksi online dan belum adanya aturan perlindungan data bagi penggunanya," ucapnya.


Diungkapkan Anis, UI menargetkan pada 2014 kartu mahasiswa UI sudah bisa digunakan untuk membayar transaksi transportasi. "2014 kartu mahasiswa UI sudah bisa digunakan untuk membayar tiket kereta api, tinggal tempel, selesai," katanya.


(rrd/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!