Pemerintahannya Tutup, Obama Salahkan Kalangan Ekstrem Republik

Jakarta - Tutupnya pemerintahan AS karena anggarannya belum disetujui Kongres membuat sejumlah roda pemerintahan federal tak jalan. Presiden Barack Obama menyalahkan kalangan ekstrem Partai Republik yang menahan persetujuan anggaran, sehingga membuat pemerintah berhenti berjalan.

"Ini bukan hanya sebuah permainan. Juru bicara Boehner telah menyatakan satu partai di Kogres menyabotase ekonomi kami. Mereka menutup pemerintahan, dan sekarang mereka akan mendorong kami. Harusnya hal ini membuat Anda marah, sudah seharusnya. Ini karena kelakuan dari beberapa anggota Partai Republik di Kongres yang tidak bertanggung jawab," kata Obama kepada konstituennya, Rabu (2/10/2013).


Kalangan pendukung Obama juga meminta masyarakat yang setuju kepada rencana Presiden AS ini untuk melakukan voting, lewat internet.


Seperti diketahui, sampai saat ini pemerintahan AS masih ditutup. Kongres belum juga menyetujui anggaran yang diajukan oleh pemerintahan Obama. Partai Republik tidak menyetujui anggaran tunjangan kesehatan yang diajukan Obama, yang bias disebut Obamacare.


(dnl/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!