190 Juta Orang Indonesia Belum Kenal Bank

Yogyakarta -Masyarakat Indonesia saat ini masih belum 'melek' soal perbankan. Sejak munculnya sistem perbankan 250 tahun silam, baru 60 juta orang saja yang sudah terjangkau alias bankable.

Artinya masih ada 190 juta orang belum tersentuh perbankan atau unbankable dari total jumlah penduduk Indonesia 250 juta orang.


Sementara itu, saat ini pengguna telepon seluler (ponsel) sudah mencapai 240 juta orang sejak kemunculannya 18 tahun lalu.


"Artinya yang punya rekening baru sedikit tapi yang pakai handphone sudah lebih banyak," kata Direktur Micro and Retail PT Banking Mandiri Tbk (BMRI) Hery Gunardi saat acara Mandiri Media Training 'Peluang daan Tantantangan Industri Perbankan 2014,' di Hotel Santika Yogyakarta, Kamis (21/11/2013).


Hery mengatakan, minimnya masyarakat yang punya rekening bank karena sulitnya menjangkau akses perbankan.


Untuk itu, perlu inovasi yang lebih mudah untuk bisa menjangkau akses perbankan salah satunya melalui layanan perbankan elektronik Mandiri e-cash, transaksi perbankan yang memanfaatkan teknologi mobile phone.


Layanan ini cukup mendownload aplikasi dengan menggunakan nomor ponsel untuk aktivasinya.Next


(drk/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!