Ini Bedanya Orang-orang Kaya di Amerika dan Indonesia

Jakarta -Dari jumlah harta kekayaan jelas beda, tapi ada perbedaan lain yang mencolok antara orang-orang kaya Indonesia dengan Amerika Serikat (AS). Apa perbedaannya?

Seperti dikutip dari Forbes, Jumat (22/11/2013), perbedaan paling mencolok adalah sektor industri tempat mereka 'bermain'. Orang-orang kaya AS banyak bergelut di dunia teknologi, sementara Indonesia masih mengandalkan rokok.


Orang terkaya nomor 1 di Indonesia masih ditempati oleh R Budi Hartono dan Michael Hartono pemilik PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dan Grup Djarum. Harta milik dua bersaudara ini menurut Forbes mencapai US$ 15 miliar atau sekitar Rp 150 triliun.


Bukan hanya Grup Djarum, pemain rokok besar juga masuk jajaran orang terkaya di Indonesia, yaitu Bos Gudang Garam Susilo Wonowidjojo dan Bos Grup Sampoerna Putera Sampoerna.


Susilo punya harta sekitar US$ 5,3 miliar (Rp 53 triliun), sementara Putera sebanyak US$ 2,15 miliar (Rp 21,5 triliun).


Keadaan ini berbeda dengan daftar orang terkaya di AS. Di negeri Paman Sam tersebut, orang terkayanya adalah Bill Gates, pemilik Microsoft berusia 56 tahun dengan kekayaan US$ 59 miliar.


Selain Gates yang sukses di industri komputer, masih banyak miliuner teknologi lainnya yang masuk daftar Forbes, seperti Bos Oracle Larry Ellison, Jeff Bezos, Larry Page, Sergey Brin dan lain-lain Semua orang miliuner itu masuk daftar 20 besar orang terkaya di AS versi Forbes.


Larry adalah pendiri raksasa teknologi Oracle. Hasil karyanya adalah perangkat lunak Java yang banyak digunakan di berbagai peralatan elektronik sehari-hari hingga keperluan pesawat ulang alik NASA. Ia punya kekayaan US$ 69 miliar (Rp 690 triliun).


Pendiri Amazon.com Jeff Bezos punya harta US$ 25,2 miliar (Rp 252 triliun). Sedangkan duo petinggi Google, Page dan Brin, masing-masing punya harta US$ 23 miliar (Rp 230 triliun) dan US$ 22,8 miliar (Rp 228 triliun).


(ang/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!