Pameran Rumah Murah Tak Lagi di Lapangan Becek, Kini di Mal Megah

Jakarta -Belajar dari pengalaman sebelumnya, Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) mengubah penyelenggaraan pameran rumah murah dari tempat terbuka seperti lapangan bola becek menjadi di pusat perbelanjaan atau mal.

Penyelenggaraan pameran di ruang terbuka banyak kekurangan seperti yang terjadi 13-21 April 2013, di Lapangan Serbaguna Bekasi Timur yang banyak ditinggalkan pengunjung karena becek efek dari hujan deras.


Kini, Pameran Rumah Rakyat di selenggarakan oleh Kemenpera mulai tanggal 20-24 November 2013 di sejumlah pusat perbelanjaan seperti Mall Bekasi Square, Bekasi, Mall Of Serang (MOS) Serang, Cirebon Superblok Mall, Cirebon, dan Asia Plaza Tasikmalaya.


Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Perumahan (Kemenpera) Sri Hartoyo mengatakan perubahan strategu ini agar para masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) lebih nyaman saat mencari rumah atau hunian.


"Alasannya untuk memberikan kenyamanan bagi MBR dalam memperoleh informasi ketersedian rumah murah kepada masyarakat. Sehingga masyarakat tidak terganggu oleh cuaca baik panas terik maupun hujan," katanya kepada detikFinance, Kamis (21/11/2013)


Khusus untuk Pameran Rumah Rakyat di Bekasi Square Bekasi Kemenpera memperkirakan bisa membantu pengembang untuk menjual 2.000 unit rumah. Sedangkan ke empat lokasi pameran lainnya ditargetkan sekitar 1.000 hingga 1.500 unit rumah dengan KPR FLPP (rumah subsidi).


"Penyelenggaraan Pameran Rumah Rakyat di Bekasi diikuti oleh sekitar 46 pengembang rumah bersubsidi, delapan bank penyalur FLPP, Kemenpera dan Bapertarum PNS," kata Sri.


Sedangkan untuk pelaksanaan pameran rumah di Pekanbaru akan dilaksanakan di SKA Mall mulai tanggal 27 November hingga 1 Desember 2013. Pameran tersebut dilaksanakan mulai pukul 10.00-22 WIB dan pengunjung bisa menikmati pameran tersebut secara gratis.


Bagi masyarakat bisa memanfaatkan program KPR FLPP bersubsidi apabila telah memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditetapkan. Beberaoa persyaratan tersebut antara lain memiliki penghasilan tetap maupun tidak tetap tidak lebih dari Rp 3,5 juta dan belum pernah memiliki rumah. Masyarakat juga bisa mendapatkan pinjaman uang muka dari Bapertarum untuk PNS dan Jamsostek untuk pekerja.


(hen/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!