Kisah Hatta Berbisnis dari Modal Rp 12.000 Jadi US$ 21.000

Jayapura -Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa bercerita tentang kisahnya menjadi seorang pengusaha, sebelum ia berkarir di pemerintahan. Hatta adalah seorang pengusaha di bidang perminyakan.

Di depan 1.000 orang mahasiswa di Universitas Cendrawasih, Jayapura, Papua, Hatta mengisahkan semasa kuliah dirinya sudah bermimpi untuk menjadi seorang pengusaha. Bersama 4 rekan kuliahnya, Hatta membuat perusahaan kecil bernamakan CV Bina Patra Jaya.


"Belum tamat dari ITB, karena uang kiriman ayah saya Rp 12.000 hanya cukup untuk 2 minggu. Sebelum selesai saya bikin perusahaan, empat orang. Mau buat saja nggak punya uang, pinjem uang Rp 12.000, mau bikin CV, namanya CV Bina Patra Jaya. Dari CV itu saya bertekad saya harus berhasil," kata Hatta pada saat memberikan kuliah umum di Universitas Cendrawasih, Jayapura, Papua, Sabtu (23/11/2013).


Setelah itu, Hatta bersama rekannya bertolak ke Jakarta untuk mencari rekan bisnis yang menggunakan jasanya. Berbulan-bulan mereka mencari pekerjaan namun hasilnya nihil, hingga salah seorang rekan Hatta hampir putus asa dan memutuskan untuk menyerah.


"Hampir putus asa, ketika itu sahabat saya berkata, sudah lah kita cari kerja saja. Saya katakan jangan, tunggu 1 bulan lagi," katanya.


Akhirnya, setelah mencari-cari rekan bisnis Hatta bertemu dengan seorang Doktor bernama Rahmat Sudibyo yang memberikan mereka pekerjaan. Hatta bersama rekan-rekannya diberikan setumpuk dokumen pekerjana yang harus selesai dalam waktu 3 bulan.


"Dalam dua bulan kami selesaikan. Kami mengontrak di Rawamangun, dua bulan kami kerjakan, pekerjaan itu selesai. Kami serahkan, diperiksa, dia bilang pekerjaan ini bagus," kisahnya.Next


(zul/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!